cara memotivasi belajar anak

4 Kebiasaan Kecil Ini, Menjadi Cara Memotivasi Belajar Anak Lebih Baik

Cara Memotivasi Belajar Anak

Orang tua seringkali kehabisan akal untuk menemukan cara memotivasi belajar anak.

Keadaan ini membuat orang tua bersedih sekaligus berisiko membuat prestasi anak menurun.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena solusi selalu datang bersama kemauan yang keras.

Untuk Anda para orang tua yang pantang menyerah, beberapa kebiasaan kecil ini dapat Anda lakukan untuk membuat motivasi belajar anak terus meningkat.

Penuhi dan bantu siapkan kebutuhan belajarnya

Pada dasarnya apapun yang dilakukan orang tua bertujuan memberi yang terbaik untuk sang buah hati. Termasuk saat orang tua berusaha mendidik buah hati lebih mandiri sejak awal.

Hanya saja keinginan ini seringkali keliru diterapkan. Akibatnya, anak merasa tidak diperhatikan. Demikian pula dalam hal belajar, orang tua seringkali memaksa anak untuk mandiri dengan memenuhi dan menyiapkan kebutuhan belajarnya sendiri.

Padahal perkara menyiapkan kebutuhan belajar yang remeh ini bisa jadi memicu mood belajarnya turun. Seperti saat buah hati tidak menemukan pensil atau buku kesayangannya, tentu keinginan untuk belajarnya menjadi turun.

Belajar mandiri sejak dini sangat dianjurkan. Namun pada waktu-waktu tertentu, Anda juga harus membantunya. Terlihat remeh namun dengan membantu anak memenuhi dan menyiapkan kebutuhan belajar.

Ada dukungan yang dirasakan sehingga mood dan semangat belajarnya terus naik.

Tambah koleksi buku di rumah untuk meningkatkan semangat membaca

Selama ini belajar identik dengan serius di depan meja selama berjam-jam mengerjakan soal. Gaya belajar tersebut sudah cukup ketinggalan zaman dan tidak tepat jika diterapkan pada anak sekarang.

Jika dipaksa diterapkan, hasilnya dapat dilihat dari penyerapan materi tidak maksimal hingga prestasi yang tidak juga membaik. Karena itu ganti gaya belajar dengan tidak hanya mengerjakan soal namun juga membaca banyak buku.

Tambahkan koleksi buku di rumah Anda, untuk merangsang minat belajar anak. Jangan hanya membuat anak membaca buku pelajaran yang telah dia lakukan di sekolah.

Namun buatlah anak untuk berminat membaca banyak buku-buku umum yang berisi berbagai macam hal. Dari buku ensiklopedia sosial, alam, hewan dan tema lainnya yang lebih bervariasi.

Dari membaca akan muncul ketertarikan pada satu hal yang membuat anak tidak malas belajar untuk mencapai hal tersebut.

Tidak hanya menuntut, tapi juga memberi

Menuntut adalah kebiasaan orang tua yang remeh namun tanpa disadari membuat anak tidak bahagia. Kebiasaan menuntut ini muncul saat orang tua merasa berhak meminta balas atas semua limpahan kasih sayang yang mereka berikan pada anak.

Biasanya orang tua akan mendikte anak untuk belajar sehingga menorehkan prestasi yang membanggakan. Tanpa sadar, kebiasaan ini membuat anak tidak lagi mood belajar.

Buang kebiasaan buruk untuk selalu menuntut. Ubah kebiasaan buruk dari selalu mendikte menjadi mengerti keinginan anak. Jika Anda mampu melakukannya, maka tuntutan akan berganti menjadi selalu memberi.

Seberapapun hasil yang didapatkan anak, jadilah orang tua yang selalu memberi dukungan dan pujian. Pupuklah kepercayaan diri anak dengan selalu memuji prestasinya. Sehingga anak merasa termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam belajar.

Ciptakan kondisi belajar yang nyaman dengan les privat di rumah

Penyebab rendahnya motivasi belajar anak datang dari banyak tempat. Salah satunya adalah tempat belajar yang tidak nyaman. Seperti saat berada di sekolah yang terlalu ramai dan tidak kondusif membuat keinginan belajar anak turun.

Selain itu guru atau pengajar di sekolah yang tidak bersahabat tidak hanya membuat anak ketakutan. Namun juga membuat keinginan belajarnya rendah dan terbatas dalam memahami mata pelajaran.

Jika kondisi ini terjadi pada buah hati Anda, tugas orang tua adalah memberikan fasilitas belajar yang lebih baik. Jika sekolah tidak mampu membuat anak belajar dengan optimal, Anda harus memberikan dukungan kondisi belajar yang lebih baik.

Semisal dengan memanggil guru les privat ke rumah. Kondisi rumah yang lebih nyaman akan membuat anak belajar lebih nyaman. Selain itu guru les yang lebih bersahabat akan memiliki banyak cara memotivasi belajar anak sehingga lebih baik dan optimal dalam belajar.